Benarkah Badan Gemuk Penyebab Pemanasan Global?

Kegemukan Penyebab Pemanasan Global?

LONDON, KOMPAS.comMeningkatnya angka kasus kegemukan (obesitas) di dunia ini dikatakan menjadi salah satu penyebab munculnya pemanasan global. Lho, apa hubungannya?

Para ilmuwan memperingatkan bahwa meningkatnya jumlah pelahap juga berarti menunjukkan peningkatan produksi makanan, penyebab terbesar emisi gas CO2 yang membuat planet bumi ini memanas.

Obesitas juga dikatakan berperan serta dalam merusak lingkungan. Dr Phil Edwards dari London School of Hygiene and Tropical Medicine mengatakan, “Setiap lemak yang terdapat dalam diri seseorang yang kegemukan bertanggung jawab atas keluarnya se-ton karbondioksida setiap tahun.” Itu artinya, miliaran ton CO2 setiap tahunnya tercipta.

Para ilmuwan menyatakan, pemanasan global menyebabkan melelehnya es di kutub utara dan menaikkan permukaan air laut dan menghancurkan hutan rimba.

Efek lemak atas lingkungan ini makin kelihatan apalagi kebanyakan mereka yang kegemukan malas beraktivitas. Mereka lebih suka mengendarai mobil, penyebab terbesar emisi karbon.

Ilmuwan di London School of Hygiene and Tropical Medicine mengatakan, negara maju seperti Amerika dan Inggris mengalami masalah ini.

Kata Phil, “Produksi makanan sekurangnya mencapai seperlima dari jumlah gas-gas rumah kaca.” Karena itu, lanjut Phil, butuh upaya agar tren obesitas menjadi turun. Ini merupakan faktor kunci dalam memerangi emisi karbon dan memperlambat perubahan iklim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s