Kesadaran Akan Global Warming, Lurah Naik Sepeda

Kampanye Pemanasan Global Ala Pak Lurah

Suparman, lurah Kramat pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra)

Kebiasaan Suparman mengayuh sepeda memberi inspirasi kepada Walikota Jakarta Selatan.

VIVAnews – Suparman, lurah Kramatpela, Kebayoran Baru Jakarta Selatan tidak menyangka jika kebiasaannya mengayuh sepeda bisa mengubah kebijakan Pemerintah Kota Jakarta Selatan.

Gara-gara hobinya dan kesadaran akan global warming justru melahirkan sebuah kebijakan dari Walikota Jakarta Selatan.

Apa yang selama ini dilakukan Suparman dengan sepeda ontelnya memberi inspirasi kepada Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi.

Syahrul mengeluarkan perintah agar semua camat dan lurah menggunakan kendaraan roda dua yakni sepeda dan motor dalam menjalankan tugas sehari-harinya. Nyaris seluruh dan camat di Jakarta memiliki mobil, terlebih lagi lurah di Jakarta Selatan.

Kecintaan Suparman terhadap sepeda ontel membuat dia mendirikan Komunitas Klub Ontel Kramatpela. Anggotanya tak kurang dari 75 orang di klub yang didirikan pada tahun 2008.

Sejak itulah Suparman mulai aktif menggunakan sepeda dan berkampanye soal pemanasan global kepada warga Kramatpela.

Kemana-mana pun, dia menggunakan sepeda terlebih lagi saat berkeliling wilayah kelurahannya yang terkenal sebagai daerah macet.

Begitu juga ketika pada suatu pagi, Suparman senam di kantor  walikota. “Saya datang menggunakan sepeda,” katanya saat berbincang dengan VIVAnews.

Ketika itu Syahrul Effendy tertarik dan menanyakan soal sepeda ontelnya. Dari situlah, Suparman langsung memberikan masukan penggunaan sepeda guna mengurangi polusi udara dan kemacetan.

“Pak wali langsung merespon masukan saya, sejak itulah dicanangkan kebijakan tersebut,” katanya.

Meskipun idenya terealisasi, Suparman mengaku tidak merasa bangga dan besar kepala. “Saya akan bangga jika kebijakan ini bisa dijalankan dengan baik,” ujarnya.

Ukurannya kebijakan ini bisa mengubah perilaku perjalanan orang. “Bukan hanya lurah dan camat. Tapi kesadaran juga dari masyarakat Jakarta Selatan,” kata pria yang sudah 5 tahun menjabat lurah Kramatpela itu.

Kelurahan Kramatpela saat ini memiliki 8 sepeda jenis ontel untuk opreasional. “Nilai historisnya cukup tinggi dan kharismatik,” tegasnya.

Suparman berharap kebijakan ini nantinya akan didukung dengan adanya jalur khusus untuk sepeda. Jika sudah ada jalur khusus sepeda, tentunya akan lebih maksimal lagi. “Saya berharap dinas terkait bisa menyediakan jalur khusus sepeda,” paparnya.

• VIVAnews

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s