Terus Waspada: Gunung Papandayan Batuk-Batuk, Magma Terus Bergejolak

GUNUNG BERAPI
Warga Waspadai Gunung Papandayan
Wisatawan memotret pemandangan kawah Gunung Papandayan di Garut

BANDUNG, KOMPAS.com – Meningkatnya status Gunung Papandayan di Garut menjadi waspada, diantisipasi seluruh instansi pemerintahan di Kabupaten Garut dengan menyiapkan strategi penanganan bencana, bila sewaktu-waktu gunung tersebut meletus.

Komandan Dandim 0611 Garut, Letnan Kolonel ART Edi Yusnandar menyiapkan langkah-langkah penanganan bencana bila suatu saat terjadi letusan.

“Saat ini kita sudah mengintruksikan Satkorlak PB di Kabupaten Garut dengan melarang warga mendekati kawah gunung papandayan sekitar 1 km jaraknya, karena dianggap berbahaya,” ungkap Dandim Garut, Rabu (3/11/2010).

Tim Satkorlak PB Kabupaten Garut beserta Kodim 0611 Garut, telah melakukan pemetaan terhadap lokasi evakuasi yang dirasa aman jika mendadak terjadi peningkatan aktifitas Papandayan.

Gunung Papandayan Juga Mulai ‘Batuk-batuk’“Setelah dilakukan survei oleh tim kemarin, kita melihat adanya aktifitas bergejolak terhadap kawah lama yang meletus tahun 2002 lalu, bahkan kawah baru yang terbentuk saat letusan 2002 kini bau belerang yang sangat menyengat,” ujarnya.

Untuk saat ini pihak Pemkab Garut dan TNI belum menyiapkan Posko secara khusus, yang dilakukan pemerintah saat ini menggelar Patroli guna memantau aktiftas Papandayan.

“Kalau untuk posko secara khusus di lokasi Gunung Papandayan, belum kita siapkan, namun untuk Patroli kita sudah tingkatkan sejak lima hari terakhir guna memantau aktifitas Papandayan,” terang Dandim Garut.

Magma Gunung Papandayan Bergejolak

GARUT–MICOM: Pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi mencatat aktivitas magma gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, terus mengalami peningkatan.

Saat ini ada tujuh gunung di Jawa Barat yang dalam kondisi aktif. Dari ke tujuh gunung tersebut, Gunung Papandayan di Garut Jawa Barat dalam status waspada.

Pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi mengimbau warga atau wisatawan untuk tidak mendekati area kawah gunung papandayan dalam radius satu kilometer.


Menurut Kasubdit Pengamatan Gunung Berapi Agus Budianto, aktivitas magma di sekitar kawah gunung Papandayan terus meningkat.

Termperatur suhu di kawah Gunung Papandayan berkisar antara 260 hingga 280 derajat celsius.

Selain itu, letusan yang terjadi pada tahun 2002, menyisakan struktur tanah yang lunak dan panas hingga membahayakan. (Metrotvnews/OL-5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s