4000 Pulau Hilang, Ancam Indonesia

Anomali Cuaca Ancam 4.000 Pulau di Indonesia

MAKASSAR–MICOM: Perubahan iklim dewasa ini akibat pemanasan global, dapat mengancam keberadaan 4.000 pulau di Indonesia.

Utusan Khusus Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan (UKP4) William Sabandar, di Makassar, Sabtu (27/11), mengatakan, perubahan iklim global bisa mengakibatkan naiknya permukaan air laut, dan menenggelamkan 4.000 pulau tersebut. Ia menambahkan, suhu dan cuaca ekstrim terjadi beberapa kali dalam setahun, dan hal ini jelas akan memicu terjadinya bencana.

Secara sederhana, perubahan iklim disebabkan oleh dua hal, yaitu perubahan penggunaan lahan dan emisi dari fosil fuel.

“Kegiatan manusia yang meliputi deforestasi, perubahan penggunaan lahan dan pembakaran semisi telah menyebabkan efek rumah kaca dan meningkatkan temperatur bumi,” katanya.

Perubahan temperatur bumi inilah, kata dia, yang dapat memicu naiknya permukaan air laut, yang membawa ancaman bagi negara kepulauan seperti Indonesia, yang bisa mengakibatkan hilangnya 4.000 pulau.

Menurut dia, untuk meminimalisir kemungkinan tersebut, ada dua hal yang bisa diupayakan adalah dengan mitgasi perubahan iklim dan juga adaptasi perubahan iklim. (Ant/ip/OL-05)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s